Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT SUSU

Posted by Berkhasiat.com Hari Minggu, 21 Oktober 2012 0 comments
Khasiat Susu, mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, dan yang 5 sempurna itu adalah susu, susu sendiri adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Baca juga Artikel kami sebelumnya tentang Khasiat Minyak Kelapa.

Tentu saja kita semua harus mengenal khasiat susu itu untuk apa, mungkin khasiat susu yang paling umum adalah sebagai sumber gizi bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan yang padat. Khasiat susu juga biasanya dikenal sebagai minuman untuk menguatkan gigi dan tulang karena susu mengandung kalsium. Tapi, sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi di dalam susu seperti fosfor, zinc, vitamin a, vitamin b2,vitamin b12, vitamin D, asam amino, dan asam pantotenat. Tentu saja kandungan-kandungan ini memberikan khasiat susu yang bermanfaat unuk tubuh kita.

Di dalam susu terdapat banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita seperti kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Protein yang terkandung di dalam susu memberikan khasiat susu yang dapat mengganti bagian-bagian yang rusak juga memproduksi enzim dan hormon di dalam tubuh. Cairan putih ini juga mengandung lemak yang merupakan sumber vitamin larut lemak, seperti vitamin E, A dan D. lemak ini juga mengandung monounsaturated fatty acid (MUFA)yaitu minyak zaitun yang sangat baik untuk tubuh kita.

Susu juga merupakan sumber vitamin B yang tentu saja sangat baik untuk membantu metabolisme karbohidrat dan protein. Vitamin C yang terkandung dalam susu juga membantu memberikan khasiat susu yang dapat mencegah kerusakan pembuluh darah, tulang rawan dan otot. 

Selain itu minuman yang menyehatkan ini memiliki banyak kandungan gizi lain, seperti mengandung zinc yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Susu juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan.

Khasiat Susu

Khasiat Susu

Lalu apa saja sebenarnya khasiat susu yang lainnya dan tentu saja baik untuk tubuh kita? Dan disini akan diberikan khasiat susu yang sangat baik dan bermanfaat untuk kita:

  1. Khasiat susu dapat mencegah osteoporosis dan menjaga tulang kita agar tetap kuat. Bagi anak-anak, khasiat susu juga bisa untuk membantu pertumbuhan tulang sehingga membuat anak menjadi bertambah tinggi.
  2. Kandungan Vitamin B2 dalam susu sapi memberikan khasiat susu untuk membantu meningkatkan ketajaman penglihatan kita.
  3. Khasiat susu dapat mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu juga dapat membantu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
  4. Khasiat susu dapat menetralisir racun seperti logam atau timah yang bisa saja terkandung dalam makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.
  5. Khasiat susu dapat mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
  6. Khasiat susu dapat membantu mempercantik kulit dan membuat kulit lebih bersinar.
  7. Khasiat susu dapat membantu kita agar lebih cepat tertidur, ini karena susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh cepat mengantuk.
  8. Khasiat susu dapat menurunkan tekanan darah.
  9. Khasiat susu dapat mencegah diabetes tipe 2.

Minuman yang jenis ini memang banyak memiliki khasiat dan manfaat tapi bagi sebagian orang juga ada yang tidak menyukai untuk meminum susu. Salah satu alasan kenapa orang jarang minum susu adalah harga susu yang relatif mahal. Tapi dilihat dari kandungan nutrisi yang banyak di dalam susu, yang di perlukan adalah kesadaran dari masyarakat itu sendiri akan khasiat susu yang banyak sekali.

Khasiat Susu

Tetapi ada alasan lain juga banyak orang tidak meminum susu, bisa disebabkan oleh mual atau sakit perut sesudah minum susu. Tapi bila kita sakit perut setelah meminum susu, itu berarti kita mungkin saja menderita intoleransi laktosa. Penyebab ini adalah kurangnya produksi laktase didalam tubuh kita. Laktase sendiri adalah enzim yang dihasilkan oleh usus kecil dan fungsinya untuk memecah laktosa yang terkandung didalam susu agar susu dapat diserap oleh tubuh. Tapi bagi penderita intoleransi laktosa, pemecahan laktosa itu tidak berlansung dengan sempurna sehingga laktosa akan masuk ke dalam usus besar kemudian dicerna oleh bakteri yang terdapat didalam susu sehingga menyebabkan sakit perut. Tetapi ada solusi untuk kita apabila setelah meminum susu kita merasakan sakit perut. Kita bisa mengganti produk susu dengan produk olahan susu seperti keju, yogurt, eskrim ataupun susu kedelai yang tidak mengandung laktosa.

Dan itulah tadi cerita tentang khasiat susu, dilihat dari banyaknya kandungan yang memberikan khasiat susu yang berlimpah apa salahnya kita mengkonsumsi susu secara rutin. Karena khasiat susu sangat baik untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan tetap kuat. Baca Juga Artikel kita selanjutnya tentang Khasiat Susu Kedelai, Terimakasih telah membaca Artikel Kesehatan kami tentang Khasiat Susu