Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT KACANG KEDELAI

Posted by Berkhasiat.com Hari Minggu, 03 Februari 2013 0 comments
Khasiat Kacang Kedelai - Setiap orang pasti mengenal kacang kedelai. Kacang kedelai yang mempunyai nama ilmiah Glacine Max ini adalah salah satu polong-polongan yang berasal dari Cina, kemudian dipopulerkan ke negara-negara asia lainnya. Kacang kedelai biasanya kita temukan setelah menjadi makanan seperti tahu dan tempe. Kecap pun ada yang terbuat dari kacang kedelai. Sebelum membahas lebih jauh tentang Khasiat Kacang Kedelai, ada baiknya setelah membaca ini juga membaca tulisan yang telah kami bagikan kemarin, yaitu tentang Khasiat Ikan Salmon.

Kacang kedelai adalah salah satu jenis makanan yang memiliki khasiat dan sangat baik untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, jenis makanan yang memiliki khasiat tentunya mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik, begitupun dengan kacang kedelai, mengandung banyak nutrisi yang memberikan khasiat kacang kedelai. Kandungan kacang kedelai tersebut seperti protein, mineral, lemak, karbohidrat, gula, serat, arginin, kalisum, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin K, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan kandungan bermanfaat lainnya.

Khasiat Kacang Kedelai

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki oleh kacang kedelai, khasiat kacang kedelai pasti akan kita dapatkan, berikut khasiat kacang kedelai yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita:
  1. Mencegah kanker
    Khasiat kacang kedelai dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker seperti kanker rahim, kanker payudara dan juga kanker prostat,hal ini berdasarkan karena kacanag kedelai memiliki kandungan isoflavon yang bertindak sebagai antikanker yang dapat melawan sel-sel kanker.
  2. Dapat mengobati penyakit diabetes dan sakit ginjal
    Khasiat kacang kedelai sangat baik untuk mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal, ini karena kacang kedelai memiliki kandungan protein dan serat larut yang dapat mengatur kadar glukosa dalam darah.
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung
    Kacang kedelai mengandung protein dan isoflavon yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat serta menurunkan resiko pembekuan darah, dari sini khasiat kacang kedelai dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
  4. Mencegah osteoprosis
    Khasiat kacang kedelai dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, ini karena kacang kedelai mengandung protein yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dengan lebih baik. Isoflavon yang terkandung dalam kacang kedelai juga berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang sehingga terjauh dari penyakit osteoporosis.
  5. Antioksidan yang baik
    Kacang kedelai memiliki kandungan isoflavon yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Isoflavon juga memberikan khasiat kacang kedelai yang dapat memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sehingga terjauh dari penyakit.
  6. Mengatasi gejala menopause
    Isoflavon yang terkandung dalam kacang kedelai dapat membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian menunjukan kandungan isoflavon dalam kacang kedelai memberikan khasiat kacang kedelai yang dapat mengurangi rasa panas pada badan, terutama pada wanita menopause.
  7. Mengembalikan efek endometriosis
    Khasiat kacang kedelai dapat membantu untuk menunda aksi estrogen alami tubuh, yang berhubungan untuk mengurangi dan mencegah rasa sakit selama periode menstruasi dan gejala lainnya pada wanita.
  8. Zat pembangun
    Kandungan protein dalam kacang kedelai memberikan khasiat kacang kedelai yang dapat membantu perkembangan sel otak pada anak-anak. Khasiat kacang kedelai yang mengandung protein juga sangat baik untuk meningkatkan stamina dan produksi sel tubuh yang baik.
Khasiat Kacang Kedelai

Selain khasiat kacang kedelai di atas, khasiat kacang kedelai yang lainnya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menguatkan sistem imunitas tubuh, menambah daya ingat bahkan khasiat kacang kedelai juga sangat baik untuk menghasilkan sperma yang berlebih. Selain itu tepung kacang kedelai juga memberikan khasiat kacang kedelai yang sangat baik untuk mengurangi keriput pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen, hal ini berdasarkan tepung kacang kedelai mengandung zat isoflavon.

Jadi tidak ada salahnya kita sering-sering mengkonsumsi tahu maupun tempe yang berbahan dasar kacang kedelai, karena ternyata khasiat kacang kedelai sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Itulah tadi cerita tentang khasiat kacang kedelai. Semoga tulisan khasiat kacang kedelai ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan khasiat kacang kedelai.