Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN PEPAYA

Posted by Berkhasiat.com Hari Senin, 01 April 2013 0 comments
KHASIAT DAUN PEPAYA
Khasiat Daun Pepaya dan manfaat daun pepaya mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Setelah sebelumnya kita membahas tentang khasiat buah pepaya, dan kali ini kita mempunyai kesempatan untuk membahas khasiat daun pepaya. Buah pepaya seperti yang dulu kita bahas memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita apabila kita mengkonsumsinya, begitu pun dengan daun pepaya itu sendiri. Memang daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun biasanya masyarakat memanfaatkakan daun pepaya untuk keperluan memasak yaitu sebagai pelunak daging, ataupun sebagian masyarakat juga mengkonsumsi daun pepaya sebagai lalapan bersama sambal. Tapi manfaat daun pepaya juga sering dijadikan sebagai pengobatan herbal.

KHASIAT DAUN PEPAYA

Khasiat daun pepaya akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya, itu dilihat dari kandungan gizi dalam daun pepaya seperti kandungan vitamin A dan Vitamin C yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan daging buah pepayanya sendiri. Selain itu daun pepaya juga memiliki kandungan serat pangan yang memiliki berbagai khasiat dan manfaat daun pepaya.

Lalu apa saja sebenarnya khasiat daun pepaya yang sangat baik tersebut? Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat daun pepaya yang sangat baik untuk tubuh kita :

1. Mencegah Kanker

kanker memang merupakan salah satu penyakit yang mematikan, dan khasiat daun pepaya dipercaya dapat mampu untuk mencegah penyakit kanker tersebut, ini karena daun pepaya memiliki kandungan getah putih seperti susu atau disebut juga dengan White Milky Latex. Getah putih tersebut dapat dikembangkan sebagai anti kanker, dan getah putih yang memberikan manfaat daun pepaya tersebut, dan akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi daun pepaya secara dimasak atau dengan proses lainnya.

2. Mengobati Demam Berdarah

khasiat daun pepaya juga sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya muda, lalu tambahkan setengah liter air dan direbus sampai bersisa tiga perempatnya, kemudian tambahkan sedikit garam, 2 sendok madu, dan diminum selagi hangat. Buatlah pagi, sore dan menjelang tidur sampai gejala demam berdarah sembuh.

3. Melancarkan Pencernaan

khasiat dan manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan, ini karena daun pepaya memiliki kandungan bernama karpain. Zat tersebut dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat pangan dalam daun pepaya, memberikan khasiat daun pepaya yang dapat mencegah sembelit, itu karena serat mampu menyerap air dalam jumlah yang cukup besar, sehingga tekanan dalam usus besar menjadi berkurang.

4. Meredakan Nyeri Haid

bagi kaum wanita khasiat daun pepaya juga sangat baik untuk meredakan nyeri saat haid, cukup ambil 1 lembar daun pepaya, lalu tambahkan asam jawa serta garam, dan dicampur dengan segelas air dan kemudian rebus. Kemudian ambil airnya, tambahkan 2 sendok madu dan aduk. Dinginkan ramun daun pepaya tersebut kemudian minum.

5. Menambah Nafsu Makan

bagi anak-anak khasiat dan manfaat daun pepaya sangat baik untuk menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak yang sulit makan. Caranya, ambil daun pepaya segar yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan juga air hangat setengah cangkir. Campur semuanya kemudian di blender, setelah selesai saring airnya, dan air tersebut lah yang memberikan khasiat daun pepaya yang sangat baik untuk menambah nafsu makan.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

khasiat dan manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Caranya, siapkan 5 lembar daun pepaya, lalu direbus dengan campuran air setengah liter. Dimasak sampai airnya menyisakan tiga perempat, setelah selesai biarkan air tersebut menjadi dingin, kemudian dapat ditambahkan madu sebagai pemanis air daun pepaya tersebut.

Selain khasiat daun pepaya yang disebutkan tadi, khasiat daun pepaya juga masih ada lagi seperti kandungan serat pangan dalam daun pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah aterosklersosis dan juga mencegah penyakit jantung. Khasiat dan manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk menunjang program diet yang sedang kita jalankan. Dan bagi kaum wanita yang menyusui, manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk membantu melancarkan ASI.

Manfaat dan khasiat daun pepaya juga tidak hanya untuk kesehatan, khasiat daun pepaya juga sangat baik untuk kecantikan, khasiat daun pepaya juga bisa berfungsi sebagai masker yang dapat mengobati jerawat. Cara membuat daun pepaya menjadi masker cukup mudah, ambil 2 sampai 3 lembar daun pepaya yang sudah tua, lalu jemur dan tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan satu setengah sendok air, setelah selesai baru dapat digunakan sebagai masker. Itulah manfaat daun pepaya yang dapat menjadi obat jerawat.

KHASIAT DAUN PEPAYA

Itulah tadi beberapa khasiat dan manfaat daun pepaya yang sangat baik untuk tubuh kita. Ternyata seperti yang dikatakan di awal, memang bukan hanya buah pepayanya saja yang memiliki khasiat dan manfaat, daun pepaya yang sudah kita bahas pun memberikan khasiat daun pepaya yang sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat juga tetap cantik bagi kaum wanita. Semoga tulisan khasiat daun pepaya ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih karena telah membaca tulisan khasiat dan manfaat daun pepaya.