Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN PEGAGAN

Posted by Berkhasiat.com Hari Selasa, 23 April 2013 0 comments
KHASIAT TANAMAN PEGAGAN

Khasiat Tanaman Pegagan - Tanaman pegagan yang lebih dikenal dengan nama antanan ini termasuk dalam family Apiaceae. Tumbuhan yang menjalar diatas tanah ini dapat tumbuh subur pada wilayah yang cukup lembab namun tetap terkena sinar matahari langsung. Tanaman pegagan ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat terutama oleh masyarakat india, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Centella Aquatica ini berlubang lunak, ramping dengan tunas-tunas panjang berakar, memiliki rimpang pendek dan stolon-stolon merayap, akarnya keluar dari setiap bonggol, dan banyak bercabang. 

Khasiat tanaman pegagan 

Tanaman pegagan ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerahnya seperti antanan (sunda), pacul goang (jawa tengah), regedeg (yogya), gan-ganan (Madura), taidaah (bali), wisu-wisu (makasar), sarowati (Halmahera), cipu balawo (bugis), dan dogauke (papua). Tanaman pegagan ini memiliki rasa manis pahit yang biasanya dikonsumsi sebagai lalapan. Tanaman pegagan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung beberapa senyawa kimia seperti asam asiatat, asiatioksida, b-karoten, b-karofilena, b-elemena, b-farnesena, b-sitosterol, asam brahmat, asam askrobat, iso-tankunisida, asam iso-tankunat, tankunisida, oksi-asiatikoksid, niacin, velarine, kalium, natrium, magnesium, dan zat samak. Pada jaman sansekerta tanaman ini sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit kulit, gangguan sistem saraf, dan melancarkan peredaran darah. Khasiat dari tanaman pegagan ini masih dimanfaatkan hingga sekarang, seperti : 

  1. Berkhasiat untuk mengobati masalah pernafasan seperti bronchitis dan asma. 
  2. Berkhasiat untuk mengobati radang lambung, disentri, gangguan ginjal serta infeksi saluran kencing. 
  3. Berkhasiat untuk mengobati radang usus dan sakit perut. 
  4. Berkhasiat sebagai peluruh kencing dan pembersih darah. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati sakit perut, batuk dan lepra. 

Selain itu tanaman pegagan juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa luka luar seperti gigitan ular, bisul, luka berdarah, dan TBC kulit. Pemanfaatan pada bagian daun dan akar tanaman pegagan ini biasanya dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya. Tanaman pegagan bersifa sebagai antiinflamasi yang bekerja untuk mengobati radang organ dalam tubuh. 

Khasiat tanaman pegagan 

Sekarang semakin majunya teknologi, pegagan sudah banyak diolah dalam bentuk kapsu ekstrak sehingga lebih memudahkan anda untuk mengkonsumsinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat tanaman pegagan.