Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TEMULAWAK

Posted by Berkhasiat.com Hari Kamis, 09 Mei 2013 0 comments
KHASIAT TEMULAWAK

Khasiat Temulawak - Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini merupakan tanaman asli dari Indonesia. Temulawak banyak tumbuh secara liar di Indonesia dan baru digunakan sebagai obat herbal sejak kedatangan bangsa portugis pada abad ke-15 dan sampai sekarang temulawak dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal. Temulawak dapat tumbuh dengan subur pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. 

Khasiat temulawak 

Temulawak biasanya dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai bahan baku kosmetik sekaligus pewarna makanan dan minuman yang aman. Rimpang temulawak mengandung curcumin yang bekerja sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan pada organ hati. Kandungan yang terdapat pada temulawak adalah seperti kandungan protein, karbohidrat dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, fellandrean, tumerol, foluymetik karbinol, serat alami, xanthorrhizol, germakron dan kurkumin. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan pada temulawak jauh lebih kompleks dibandingkan obat herbal dari korea seperti ginseng. Oleh sebab itu temulawak memiliki beberapa khasiat baik untuk kesehatan, seperti berikut: 

  1. Berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI. 
  2. Berkhasiat untuk mengatasi reumatik dan serangan asam urat. 
  3. Berkhasiat untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid. 
  4. Berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas tubuh.
  5. Berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme sistem pencernaan tubuh. 
  6. Berkhasiat untuk membantu mengontrol metabolisme lemak sehingga mengatasi kadar kolesterol. 
  7. Berkhasiat untuk mengatasi maag, sakit kepala, masuk angin, juga jerawat di wajah. 
  8. Berkhasiat untuk mencegah serangan jantung dan stroke. 

Selain beberapa khasiat diatas, kandungan xanthorrhizol yang terdapat pada temulawak bekerja sebagai kariogenik sehingga dapat berkhasiat untuk mencegah kerusakan pada gigi. Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada temulawak juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi cairan empedu sehingga menekan terjadinya pembengkakan dalam jaringan tubuh. 

Khasiat temulawak 

Begitu banyaknya khasiat dari temulawak, jadi tidak ada salahnya jika anda memasukkan temulawak ke dalam daftar konsumsi anda sehari-hari. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dann terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat temulawak.