Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH KEDONDONG

Posted by Berkhasiat.com Hari Senin, 04 November 2013 0 comments

Khasiat buah kedondong – anda tentunya sudah mengetahui dengan buah kedondong ini, yang sering banyak diolah menjadi asinan atau rujak. Bahkan sudah banyak yang mengolahnya menjadi olahan jus, acar, jeli, sirop, dll.
Kedondong (spondias dulcis forst) adalah merupakan tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini cocok tumbuh di daerah tropis. Secara fisik dari buah kedondong adalah berbentuk bulat memanjang, berwarna hijau dan ketika sudah matang akan berwarna kekuningan. Biji buah kedondong berbentuk bulat, berserat seperti duri dan berwarna putih. Buah ini memiliki kandungan gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat untuk menambah energy dan vitalitas tubuh. Kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah ini berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan dan menghilangkan dehidrasi.

Khasiat Buah Kedondong

KHASIAT BUAH KEDONDONG


Untuk yang sedang menjalankan program diet bisa mengkonsumi buah ini karena memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga dapat menjadi cemilan untuk anda yang sedang berdiet. Buah ini sudah dikenal sebagai obat batuk alami tradisional dengan meminum air dari perasan buah kedondong yang sudah ditambah sedikit garam. Buah kedondong juga berguna untuk mengobati sakit perut dan diare, dengan meminum perasan bagian dari kulit batang buah kedondong ini.
Selain beberapa khasiat yang terdapat dalam buah kedondong, buah ini juga sangat cocok dijadikan manisan. Ada dua jenis manisan yang dapat diolah dari buah kedondong ini, yaitu manisan basah dan kering. Buah kedondong umumnya banyak diolah menjadi manisan basah yang bisa kita dapatkan sebagai oleh-oleh. Buah yang bisa diolah menjadi manisan adalah buah kedondong dalam keadaan masing mengkal, kecuali buah yang sudah matang tidak bisa diolah menjadi manisan karena tekstur yang lembek dan terlalu banyak air.

Khasiat Buah Kedondong

Dengan beberapa manfaat dari buah kedondong seperti diatas, masyarakat dapat lebih jeli untuk memilih buah yang memang mengandung kaya nutrisi dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Itulah ulasan tentang khasiat buah kedondong, semoga bermanfaat bagi anda semua.