Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT MINUM KOPI

Posted by Berkhasiat.com Hari Jumat, 19 Oktober 2012 0 comments
Khasiat Minum Kopi, kopi adalah salah satu minuman favorit yang banyak orang sukai. Meminum kopi sendiri mungkin sudah menjadi kegiatan rutin setiap orang, apalagi disaat pagi hari sebelum beraktifitas atupun sore hari saat pulang beraktifitas Buat yang belum baca kemarin kita sempat membahas Khasiat Madu Asli.

Lanjut lagi, memang minum kopi sangat enak untuk menemani kita saat bersantai, mengobrol bersama teman atau keluarga atau menemani saat-saat nongkrong bagi kaum muda. Tapi disaat kita meminum kopi apakah kita tahu khasiat minum kopi itu apa? Bagi sebagian orang mungkin khasiat minum kopi yang paling populer adalah menghilangkan rasa ngantuk, makanya disaat orang-orang bekerja lembur atau punya kegiatan di malam hari seperti nonton bareng permainan sepakbola. Minuman yang paling banyak dikonsumsi adalah kopi. 

Tapi selain itu juga apabila kita meminum kopi secara teratur dan tidak berlebihan khasiat minum kopi yang lainnya bisa kita dapatkan.


Khasiat Minum Kopi

Khasiat Minum Kopi 

Berikut adalah khasiat minum kopi yang baik untuk kesehatan tubuh kita:

  1. Khasiat minum kopi dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit stroke, ini karena kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Dan untuk peminum kopi hitam sebanyak 1 sampai 2 gelas perharinya mempunyai resiko terserang penyakit stroke lebih rendah dibandingkan bagi mereka yang tidak meminum kopi.
  2. Khasiat minum kopi dapat meningkatkan kinerja otak. Menurut studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Journal Human Psychopharmacology, disebutkan apabila meminum kopi dengan gula dapat mendongkrak efisiensi kinerja otak dan membantu memperpanjang daya tahan perhatian dan fokus pada seseorang.
  3. Khasiat minum kopi dapat mencegah batu empedu. Berdasarkan peneliti Harvard di tahun 2002, apabila wanita meminum kopi setidaknya empat cangkir kopi sehari mempunyai resiko 25 persen lebih rendah terserang batu empedu. Penelitian sebelumnya pun menemukan hasil ini bermanfaat juga bagi kaum laki-laki.
  4. Khasiat minum kopi dapat mengurangi resiko terserang kanker kulit. Ini berdasarkan studi yang dilakukan Harvard Medical School, bahwa kandungan kafein yang tinggi dalam kopi yang diminum seseorang, maka pengembangan sel basal karsinoma pun lebih rendah, sel ini adalah sel yang menyebabkan kanker kulit.
  5. Khasiat minum kopi dapat membantu menekan resiko penyakit parkinson. Berdasarkan sebuah tulisan dari Mayo Clinic, kafein yang terkandung didalam kopi dapat membantu menekan resiko terserang penyakit parkinson.
  6. Khasiat minum kopi dapat mencegah penyakit diabetes, ini karena kopi mengandung asam klorogenik, dan ini sangat berperan aktif dalam memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga berfungsi untuk merangsang pembentukan GLP-1, ini adalah zat kimia yang dapat meningkatkan hormon insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain yang terdapat dalam kopi adalah trigobelin (pro vitamin B3), zat ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  7. Khasiat minum kopi dapat mnengurangi resiko terserang kanker kolon. Berdasarkan penelitian terhadap 49 ribu pria dan wanita dan juga menurut American Journal of Clinical Nutrition, kopi bersifat menekan tumor proximal yang identik dengan kanker kolon.
  8. Khasiat minum kopi dapat mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Berdasarkan studi di tahun 2009 di Universitas Illinois,bahwa satu cangkir kopi sebelum berolahraga, tidak hanya memberikan energi ke dalam tubuh kita, tetapi kopi juga membunuh beberapa penyakit atletik yang biasa dialami saat berolah raga.
  9. Khasiat minum kopi dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer, meminum kopi dapat menunda atau bahkan menghindarkan seseorang dari penyakit alzheimer. Menurut sudi yang dikepalai oleh Dr Chuanhai Cao dari Universitas South Florida, disebutkan bahwa kelompok paruh baya dengan tanda gangguan memori ringan dan rutin meminum kopi sampai tiga cangkir dalam sehari, tidak akan masuk dalam tahap Alzheimer, atau paling tidak mengalami penundaan yang signifikan.
  10. Khasiat minum kopi dapat meningkatkan metabolisme, ini karena kopi mengandung kafein. Dan menurut sebuah studi pada tahun 1980 kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang metabolisme. Kopi juga dapat membantu untuk mempertahankan berat badan.

Khasiat minum kopi bisa kita dapatkan, selain untuk kesehatan. Khasiat minum kopi juga sangat baik untuk merawat kecantikan khusunya bagi kaum wanita. Khasiat minum kopi dapat mentralkan kulit yang teriritasi, memberi nutrisi dalam kulit, menghilangkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati ataupun menghilangkan bau badan.

Khasiat minum kopi 

Dan itulah tadi cerita tentang khasiat minum kopi. Tapi kembali lagi khasiat minum kopi akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya secara teratur, apabila kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan tentunya dampak negatif lah yang kita dapatkan. Meminum kopi juga perlu diimbangi dengan meminum air putih sebanyak kurang lebih delapan gelas per harinya. Semoga tulisan khasiat minum kopi ini bermanfaat untuk semua pembacanya. Baca juga artikel kami selanjutnya tentang Khasiat Minyak Kelapa, dan Terimakasih sudah membaca Artikel kami tentang Khasiat Minum Kopi