Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TEH

Posted by Berkhasiat.com Hari Selasa, 23 Oktober 2012 0 comments
Khasiat Teh, jenis tanaman ini jika sudah di buat menjadi minuman telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, tanpa mengenal usia,kalangan, ataupun di daerah mana kita tinggal. 

Sebelumnya kita sempat membahas tentang Khasiat Susu Kedelai, sekarang Khasiat teh. Minuman teh bisa menemani kita saat bersantai di teras depan rumah kita ataupun beristirahat setelah seharian kita melakukan aktifitas. 

Tapi tanpa di sadari kita mendapat khasiat teh apabila kita meminumnya, khasiat teh sangat baik untuk tubuh kita di samping itu juga khasiat teh sering kali digunakan untuk keperluan kesehatan dan penyembuhan penyakit.

Teh dibagi dalam tiga kategori, ada teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Perbedaannya terletak pada proses fermentasi, dimana teh hitam mengalami perubahan kimiawi sempurna jadi hampir semua kandungan catechin terfermentasi menjadi teaflavin dan tearubigin. Sedangkan pada teh hijau hal tersebut tidak terjadi atau sengaja dihentikan. Tapi selain ketiga jenis teh yang tadi ada juga jenis teh putih. Teh putih ini mirip dengan teh hijau, namun pemilihan bahannya lebih ketat dimana hanya daun yang tumbuh di pucuk saja yang digunakan. Dan khasiat teh putih pun diklaim lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau.

Organisasi kesehatan dunia atau WHO(world health organization) di perserikatan bangsa-bangsa (PBB) di tahun 1962 melaporkan meningkatnya kasus kerusakan gigi, penyakit sistem pencernaan dan kropos pada tulang manusia dan hal ini disebabkan oleh kurang tersedianya air bersih dan adanya peningkatan mengkonsumsi bahan pengawet dan gula. Lalu berdasarkan itu lah PBB melakukan program penambahan klorin dan flour pada air bersih. Dan ternyata program tersebut membuahkan hasil di kota besar khususnya di Negara maju yang memiliki teknologi air bersih.

Teh memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan manusia akan klorin dan flour, hasil penelitian memperlihatkan bahwa teh di samping sebagai bahan minuman, sifat antiseptik dalam teh memberikan khasiat teh yang dapat menjaga kesehatan mulut, gigi, tenggorokan, menjaga keseimbangan mikroflora sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang. Lalu di tahun 70-an dan 80-an, dunia diguncang oleh laporan meningkatnya kasus penyakit jantung dan kanker. Dan di awal tahun 90-an peneliti menemukan khasiat teh yang lainnya teh juga minuman karsinogen yang sangat efektif untuk mengurangi resiko terjangkit dan menghambat pertrumbuhan kanker.

Khasiat Teh

Khasiat Teh

dan apa saja khasiat teh yang bisa kita dapatkan apabila kita sering meminumnya, dan berikut khasiat teh yang bermanfaat untuk tubuh kita:

  1. Teh mengandung antioksidan khasiat teh dari antioksidan bisa memberikan perlindungan untuk tubuh kita terutama dari ancaman penuaan ataupun efek dari polusi
  2. Teh mempunyai kafein yang lebih rendah dari kopi.
  3. Teh bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke karena khasiat teh dapat membantu melancarkan perderan darah dan membersihkannya.
  4. Teh bisa melindungi tulang kita karena teh mengandung phytochemical.
  5. Teh memberikan senyum yang indah karena teh mengandung fluoride dan khasiat teh dari fluoride bisa menjauhkan plak dari gigi dan mengurangi resiko kerusakan gigi.
  6. Teh meningkatkan pertahanan tubuh karena teh bisa menghindarkan kita dari infeksi.
  7. Teh melindungi tubuh dari kanker, kandungan polifenol dan antioksidan memberikan khasiat teh yang dapat melindungi tubuh kita dari kanker.
  8. Teh bisa menjaga tubuh tidak kekurangan cairan.
  9. Teh bebas kalori.
  10. Teh bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam teh seperti polifenol, metilxantin, asam amino, peptides, karbohidrat, vitamin (C, E dan K), karotenoid, mineral, magnesium, dan kandungan yang bermanfaat lainnya. Polifenol sendiri memberikan khasiat teh sperti:

  1. anti oksidan yang dapat mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi lemak dalam plasma darah, melindungi kerusakan minyak dan lemak makan, dan bisa juga digunakan sebagai pewarna mkanan yang alami.
  2. Anti radiasi
  3. Anti mutasi gen
  4. Anti tumor, anti tumor bekerja dengan menekan pertumbuhan sel tumor dan menekan kanker payudara yang tumbuh dengan spontan.
  5. Menghambat aktifitas enzim
  6. Anti peningkatan kolesterol
  7. Anti peningkatan tekanan darah
  8. Anti peningkatan kadar gula darah
  9. Anti koreng
  10. Anti bakteri
  11. Anti virus
  12. Dan bisa sebagai deodorant atau penghilang bau badan.

Seiring dengan perkembangan jaman pula minuman teh sudah banyak dikembangkan dengan berbagai varian rasa. Misalnya ada teh yang di padukan dengan campuran buah seperti buah apel, jeruk atau lemon. Tapi ada juga teh yang di padukan dengan alkohol. Selain itu juga ada teh herbal yang digunakan untuk keperluan pengobatan dan kesehatan.

Khasiat Teh

Dan itulah tadi sedikit cerita tentang khasiat teh, ternyata minuman yang mungkin setiap hari kita coba ini mempunyai segudang khasiat teh yang bermanfaat untuk tubuh kita. Jadi mulai lah kita untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi minuman dari teh, karena dibandingkan minuman yang lainnya teh ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat. Baca Juga Artikel Kita Selanjutnya Tentang Khasiat Telur, dan terima kasih telah membaca Khasiat Teh