Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH NANAS

Posted by Berkhasiat.com Hari Senin, 28 Januari 2013 0 comments
Khasiat Buah Nanas - Siapa yang tidak mengenal jenis buah yang satu ini. Buah ini biasanya banyak orang sajikan dalam bentuk rujak ataupun asinan. Tapi, mungkin sebagian orang juga kurang menyukai buah nanas, karena disaat mengkonsumsinya buah nanas mempunyai semacam sengatan di mulut dan juga buah nanas mempunyai rasa yang asam. Lebih baik sebelum melanjutkan bahasan tentang khasiat buah, sebaiknya anda semua juga membaca tulisan yang telah kemarin kami berikan, tentang Khasiat Beras Merah.

Tapi apakah kita tahu, bahwa saat kita mengkonsumsi buah nanas kita mendapatkan khasiat buah nanas yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kita bisa mendapatkan khasiat buah nanas karena buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, seperti vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam buah nanas juga bisa dihasilkan oleh phitochemical. Buah nanas juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa serta enzim bromelain. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

KHASIAT BUAH NANASKhasiat Buah Nanas

Dan apa saja sebenarnya khasiat buah nanas? Berikut adalah khasiat buah nanas yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita:

1.    Khasiat buah nanas dapat melancarkan pencernaan protein, ini karena buah nanas mengandung enzim bromelain. Enzim ini sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan protein yang terdapat dalam makanan sehingga dapat diserap oleh tubuh. Enzim ini juga berfungsi sebagai pelega tenggorokan.
2.    Khasiat buah nanas dapat menjaga kesehatan gigi, ini karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi juga penyakit gusi.
3.    Khasiat buah nanas dapat mengangkat sel kulit mati, ini karena enzim dalam buah nanas dapat membuat jaringan kulit yang rusak sehat kembali.
4.    Khasiat buah nanas dapat memelihara kesehatan mata. Berdasarkan sebuah studi, bahwa buah nanas dapat melindungi terhadap masalah yang berkaitan dengan usia mata, ini karena kandungan antioksidan dan vitamin A yang terdapat dalam buah nanas.
5.    Khasiat buah nanas dapat mengurangi stress, ini karena sari dalam buah nanas memiliki kandungan serotonin yang berperan aktif untuk mengurangi stress. Selain itu, buah nanas juga mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk melakukan relaksasi.
6.    Khasiat buah nanas dapat menyembuhkan sembelit, ini karena kandungan serat dalam buah nanas sangat tinggi, sehingga sangat efektif untuk menyembuhkan sembelit juga dapat melancarkan buang air besar.
7.    Khasiat buah nanas dapat memerangi berbagai penyakit, ini karena buah nanas mengandung vitamin C dan A yang dapat menjadi antioksidan, sehingga mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh.
8.    Khasiat buah nanas dapat mempercepat proses penyembuhan luka, ini karena buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka juga mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh.
9.    Khasiat buah nanas dapat menurunkan berat badan, ini karena dalam buah nanas terdapat manis alami. Sehingga apabila memasukan buah nanas ke dalam makanan dapat membantu penurunan berat badan karena buah nanas dapat membuat perut terasa kenyang tanpa memberikan lemak.
10.    Khasiat buah nanas berfungsi sebagai pembersih, ini karena kandungan enzim bromelain dalam buah nanas dapat membantu agar kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Selain enzim bromelain buah nanas juga mengandung asam aspartic yang dapat mebuang asam amonia, asam amonia merupakan racun berbahaya dalam tubuh.

Selain khaisat buah nanas yang tadi telah disebutkan, khasiat buah nanas juga sangat baik untuk memperkuat otot jantung, menghambat penuaan dini dan mengurangi dehidrasi. Selain itu, khasiat buah nanas juga dapat mengobati radang tenggorokan, rasa kembung dan juga radang kulit. Khasiat buah nanas juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe.

Khasiat Buah Nanas

Dibalik khasiat buah nanas yang sangat banyak, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nanas terlalu berlebihan karena dapat memicu rematik dan meningkatkan gula darah. Selain itu sebaiknya ibu hamil agar tidak mengkonsumsi buah nanas.

Dan itulah tadi beberapa khasiat buah nanas yang bisa kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya, namun dengan cara yang teratur. Semoga tulisan khasiat buah nanas ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya.