Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT SINGKONG

Posted by Berkhasiat.com Hari Sabtu, 23 Maret 2013 0 comments

KHASIAT SINGKONG

Khasiat Singkong, singkong atau juga dikenal dengan ketela pohon adalah salah satu jenis umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia. Singkong seringkali kita temui dalam olahan keripik. Di beberapa daerah di Indonesia singkong juga seringkali dijadikan makanan pokok. Tapi apakah kita sadar disaat kita mengkonsumsi singkong, singkong mmberikan banyak khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Dilihat dari kandungan-kandungan zat yang bermanfaat seperti kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi dan juga berbagai vitamin yang memberikan khasiat singkong yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Singkong juga dapat bertindak sebagai anti oksidan, anti kanker dan anti tumor.

KHASIAT SINGKONG

Lalu apa saja sebenarnya khasiat singkong yang baik untuk kesehatan tubuh kita? Berikut adalah khasiat singkong yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mengurangi Anemia

Khasiat singkong dapat mengurangi anemia, ini dilihat dari singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folat, thiamin, piridoksin, riboflavin dan asam pantotenat. Riboflavin sangat berperan untuk pertumbuhan tubuh dan memperoduksi sel darah merah sehingga dapat mengurangi anmeia.

2. Mengatur Tekanan Darah

Khasiat singkong sangat baik untuk mengatur tekanan darah, ini karena singkong memiliki jumlah kalsium yang cukup tinggi dan bertindak sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh dan juga dapat mengatur tekanan darah.

3. Menurunkan Resiko Osteoporosis

Khasiat singkong dapat menurunkan resiko terserang osteoporosis, ini karena singkong memiliki kandungan vitamin K yang sangat berperan dalam membangun massa tulang, sehingga apabila kita mengkonsumsi singkong, kita terjauh dari serangan osteoporosis.

4. Mengobati penyakit Alzheimer

Khasiat singkong dapat membantu dalam pengobatan pasiaen yang terkena Alzheimer, ini karena kandungan vitamin K dalam singkong sangat penting untuk membatasi kerusakan saraf otak, sehingga dapat membantu pengobatan Alzheimer.

5. Mencegah Penyakit Berbahaya

Berdasarkan sebuah penelitian, khasiat singkong dapat digunakan sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, khasiat singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan menjadi sumber serat yang sangat baik untuk tubuh, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, stroke dan kanker usus besar. Khasiat singkong juga sangat baik untuk mengendalikan diabetes.

6. Membantu Proses Pencernaan

Khasiat singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, ini karena singkong banyak mengandung insoluble fiber atau serat yang tidak larut dalam air. Serat ini berfungsi untuk melancarkan proses buang air besar dan juga mampu menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan kita menjadi sehat.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Khasiat singkong sangat baik untuk untuk diet randah kalori, ini karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan nasi dan roti, singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Selain khasiat singkong yang di atas telah disebutkan, khasiat singkong juga sangat baik untuk mengatasi rematik, meredakan ssakit kepala, mengobati cacingan dan meningkatkan stamina. Khasiat singkong bisa kita dapatkan tidak hanya dari daging singkongnya saja. Namun, daun dan batang pohonnya pun dapat memberikan khasiat singkong dan mungkin akan kita bahas di lain waktu.

KHASIAT SINGKONG

Itulah tadi beberapa khasiat singkong yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga tulisan khasiat singkong ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan khasiat singkong.