Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH MENTIMUN

Posted by Berkhasiat.com Hari Kamis, 04 April 2013 0 comments
Khasiat buah mentimun – anda pasti sudah mengetahui tentang buah yang satu ini, buah yang dapat dengan mudah didapatkan, selain bisa di makan secara langsung biasanya buah ini banyak di gunakan untuk bahan membuat gado-gado, membuat acar atau bahkan sebagai pelengkap makanan lainnya. 
Buah mentimun memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga berfungsi menyejukkan dan dapat mengatur suhu tubuh.

KHASIAT BUAH MENTIMUN

Buah yang banyak di gemari oleh masyarakat ini namun sedikit untuk para wanita, karena konon katanya dapat menimbulkan keputihan. Namun ternyata buah ini memiliki khasiat yang banyak untuk tubuh kita, seperti diantaranya:

  1. Buah mentimun dapat membantu dalam perawatan kulit. Buah ini bersifat diuretik, memberikan efek pendingin, dan pembersih yang berguna untuk tubuh kita. Kandungan air yang tinggi, vitamin B, vitamin A dan C, serta mineral seperti kalium, magnesium, mangan, dan silica, membuat buah ini memiliki peranan penting dalam perawatan kulit tubuh. Masker wajah yang menggunakan bahan dari buah mentimun dapat membantu mengencangkan kulit wajah. Buah ini juga berguna untuk menurunkan tingkat retensi air karena mengandung asam askorbat dan caffeic yang berguna juga untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
  2. Buah mentimun berguna untuk fungsi pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah mentimun dapat mengatasi berbagai penyakit seperti maag, gastritis keasaman dan tukak. Kandungan serat dalam buah ini dapat berguna untuk melancarkan fungsi pencernaan. Dan dengan mengkonsumsi buah mentimun setiap hari dapat mencegah datangnya sembelit.
  3. Buah mentimun mengandung asupan silika yang baik terutama pada bagian kulitnya, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan persendian dengan memperkuat jaringan ligament.
  4. Buah mentimun mengandung enzim erepsin yang berguna dalam membantu pencernaan protein di dalam tubuh.
  5. Buah mentimun dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang melakukan program diet, dapat mengkonsumsi buah ini sebagai lalapan, salad atau acar. Karena buah mentimun sangat rendah kalori dan memiliki banyak air, sedangkan di bagian kulit mentimun yang keras memiliki banyak serat yang baik untuk proses pencernaan.
  6. Buah mentimun dapat berguna untuk melawan penyakit kanker. Kandungan lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol tiga lignan yang terdapat dalam buah ini telah banyak diteliti bahwa dapat berguna untuk mengurangi resiko penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker uterin dan kanker ovarium.
  7. Buah mentimun berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Kandungan potassium, magnesium, dan serat yang terdapat dalam buah ini dapat membantu tekanan darah agar tetap normal. Mentimun baik untuk mengobati anda yang memiliki tekanan darah rendah atau darah tinggi.
  8. Buah mentimun berguna untuk menjaga perawatan kuku. Kandungan silika yang banyak terdapat dalam buah ini dikatakan berguna untuk mencegah rusak dan pecahnya kuku di jari kaki dan tangan.
  9. Buah mentimun berguna untuk membunuh cacing pita. Biji yang terdapat dalam buah mentimun dikatakan ampuh sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan biji mentimun juga bisa bermanfaat sebagai antiinflamasi daln efektif untuk mengobati pembengkakan selaput lendir di dalam hidup dan tenggorokan.
  10. Buah mentimun berguna untuk mengobati sakit gigi dan gusi. Dengan mengkonsumsi jus mentimun, berguna untuk mengobati penyakit mulut pada gigi dan gusi khususnya pyorrhea. Dengan mengkonsumsi mentimun secara mentah juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga bermanfaat untuk menetralisasi asam dan basa yang berada di dalam rongga mulut.
  11. Buah mentimun berguna untuk mengatasi penyakit rematik dan encok. Kandungan vitamin A, B1, B6, C dan D, serta folat, magnesium dan kalsium dengan mencampurkannya kedalam jus wortel, berguna untuk mengobati pasien yang mengalami nyeri sendi dengan menurunkan asam urat.
  12. Buah mentimun berguna untuk mengobati penyakit diabetes. Kandungan mineral mangan yang terdapat dalam buah ini bermanfaat dalam sintetis insulin alami sehingga dapat mengobati penyakit diabetes.
  13. Buah mentimun berguna untuk melancarkann fungsi ginjal. Kandungan air yang banyak terdapat dalam buah ini dapat bemanfaat untuk meringankan masalah kandung kemih dan ginjal, serta membantu fungsi ginjal dalam melancarkan proses urinasi.
  14. Buah mentimun berguna untuk penyuburan pada rambut. Kandungan silika yang terdapat pada buah mentimun, dengan mencampurnya bersama jus wortel, bayam dan selada dapat berguna untuk menyuburkan rambut. Dengan rajin mengkonsumsi buah ini, anda akan mendapatkan rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

KHASIAT BUAH MENTIMUN

Nah, ternyata banyak juga khasiat yang terdapat dalam buah mentimun. Bagi anda yang menyukai buah ini sebaiknya dapat mengolahnya dengan baik. Itulah ulasan mengenai khasiat buah mentimun, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.