Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN JARAK

Posted by Berkhasiat.com Hari Minggu, 21 April 2013 0 comments
KHASIAT TANAMAN JARAK

Khasiat Tanaman Jarak - Tanaman jarak yang memiliki nama ilmiah Ricinus Communis Linn ini termasuk tanaman perdu yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini menyebar hampir ke seluruh bagian dunia beriklim tropis dan dapat tumbuh di wilayah yang kurang subur serta kering sekaligus karena dapat berperan sebagai penghijauan lahan kritis. Tanaman jarak berpotensi sebagai sumber energy nabati (biofuel) dan biji dari tanaman ini dapat diolah menjadi minyak jarak yang diproyeksikan sebagai bahan bakar alternative pengganti minyak bumi atau bahan bakar fosil yang persediaannya kian menipis. 

Khasiat tanaman jarak 

Tanaman jarak ini biasanya dijadikan tanaman pembatas halaman rumah alias pagar. Tanaman jarak ini mengandung senyawa yang daya racunnya cukup tinggi. Pada bagian biji tanaman jarak mengandung senyawa kursin dan toksalbumin, sedangkan pada bagian daun tanaman jarak memiliki kandungan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan tarakserol. Pada bagian ampas biji jarak bermanfaat digunakan untuk membasmi nematode tanah karena masih mengandung sifat pestisida (racun hama), karena ampas biji jarak mengandung unsure nitrogen, fosfat dan kalium yang cukup baik digunakan sebagai pupuk organic. Beberapa khasiat dari tanaman jarak dapat dibagikan dalam beberapa bagian dari tanaman ini, seperti berikut : 

1. Bagian biji tanaman jarak 

Pada bagian biji tanaman jarak memiliki khasiat untuk mengobati TBC kelenjar, bisul, koreng, melancarkan pencernaan, mengobati kanker mulut dan kulit, membantu melancarkan proses persalinan, mengobati scabies dan infeksi jamur, dan mengobati kelumpuhan otot pada muka. 

2. Bagian daun tanaman jarak 

Pada bagian daun tanaman jarak memiliki khasiat untuk mengobati koreng, eczema, gatal-gatal, batuk sesak dan hernia. 

3. Bagian akar tanaman jarak 

Pada bagian akar tanaman jarak memiliki khasiat untuk mengobati reumatik, tetanus, epilepsy, luka terpukul, bronchitis, TBC kelenjar, dan schizophrenia. 

4. Bagian minyak tanaman jarak 

Pada bagian minyak tanaman jarak memiliki khasiat untuk mengobati koreng, luka bakar dan konstipasi. 

Pemanfaatan pada tanaman jarak ini seharusnya dilakukan secara hati-hati, dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Karena bila sampai terjadi keracunan tanaman ini, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan merangsang penderita untuk memuntahkan isi lambung. Tanaman jarak ini juga memiliki beberapa efek samping seperti nyeri perut, gatal-gatal seluruh tubuh, serak, pembengkakan, gatal pada tenggorokan, pengelupasan kulit telapak tangan dan kaki, menggigil dan demam. 

Khasiat tanaman jarak 

Bagi wanita hamil dan sedang dalam masa haid dilarang untuk mengkonsumsi tanaman jarak ini karena dapat menyebabkan kongesti ringan pada bagian panggul. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat tanaman jarak.