Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN KUNYIT

Posted by Berkhasiat.com Hari Sabtu, 20 April 2013 0 comments
KHASIAT TANAMAN KUNYIT

Khasiat Tanaman Kunyit - Kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma domestica termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, tanaman ini berasal dari Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman kunyit ini kemudian menyebar ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia dan india serta bangsa Asia pada umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, yang biasanya diolah menjadi bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan serta kecantikan. 

Khasiat tanaman kunyit 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanaman kunyit biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu untuk masakan, sebagai pewarna makanan alami, untuk minuman jahe, bahan untuk tekstil dan kosmetik. Tanaman ini sangat dikenal di Indonesia, karena sejak dahulu tanaman kunyit ini sudah banyak digunakan sebagai obat herbal yang dapat berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit kronis. Tanaman kunyit juga dipercaya sebagai pengganti pengobatan kimiawi untuk memperlambat datangnya penyakit pikun. Tanaman kunyit mengandung senyawa kimia seperti minyak atsiri dan kurkumi-noid, serta kandungan lainnya seperti lemak, gom, protein, kalsium, fosfor dan besi. Minyak atsiri pada tanaman jahe ini mengandung senyawa seskuiterpen alcohol, turmeron dan zingiberen, sedangkan senyawa kurkuminoid mengandung senyawa kurkumin dan turunannya (berwarna kuning). Selain beberapa kandungan baik yang terdapat pada tanaman kunyit, juga memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan juga mengobati beberapa penyakit, seperti diantaranya: 

  1. Mencegah Alzheimer. Penyakit Alzheimer termasuk penyakit pikun yang pada umumnya terjadi pada manula. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi bumbu kare yang mengandung kunyit akan berkhasiat untuk menjaga daya ingat lebih tinggi dibanding mereka yang tidak, sehingga akan menurunkan resiko terkena Alzheimer. 
  2. Berkhasiat untuk menyembuhkan luka dengan cepat karena tanaman kunyi bersifat sebagai antiseptic. 
  3. Berkhasiat untuk mencegah resiko terkena penyakit kanker dan tumor. 
  4. Berkhasiat untuk melindungi tubuh dari serangan leukemia. 
  5. Berkhasiat untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. 
  6. Berkhasiat untuk meremajakan sel dalam tubuh serta menjaga kesehatan kulit karena tanaman kunyit memiliki antioksidan. 
  7. Berkhasiat untuk melancarkan ASI dan melancarkan Haid. 
  8. Berkhasiat untuk mengobati maag, amandel, tifus, usus buntu, distentri, keputihan, dll. 

Meskipun tanaman kunyit memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, namun perlu anda ketahui dan tetap waspada, karena tanaman kunyit juga memiliki efek samping seperti menyebabkan gangguan pada lambung, sejumlah senyawa pada tanaman kunyit sukar diserap oleh tubuh, menimbulkan rangsangan pada rahim, dan tidak dianjurkan mengkonsumsi kunyit bagi pasien yang sedang menjalani kemoterapi. 

Khasiat tanaman kunyit 

Beberapa cara penggunaan untuk mengobati beberapa penyakit diatas adalah dengan mengkonsumsi air rebusan dari kunyit, atau mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit namun tetap dikontrol saat mengkonsumsinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat tanaman kunyit.