Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT KACANG TANAH

Posted by Berkhasiat.com Hari Rabu, 22 Mei 2013 0 comments
KHASIAT KACANG TANAH

Khasiat Kacang Tanah - Kacang tanah atau yang memiliki nama ilmiah arachis hypogaea L merupakan tanaman polong-polongan yang termasuk dalam family fabaceae. Kacang tanah banyak dibudidayakan di Indonesia karena merupakan kacang kacang terpenting kedua setelah kacang kedelai. Kacang tanah merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi 30 hingga 50 cm dan berdaun kecil. 

Khasiat kacang tanah 

Kacang tanah biasanya diolah dengan cara dipanggang, digoreng atau direbus. Kacang tanak juga banyak digunakan sebagai produk olahan makanan. Kacang tanah sangat baik untuk kesehatan dikarenakan memiliki beberapa kandungan yang baik seperti protein yang tinggi, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, vitamin A, vitamin K, fosfor, lesitin dan kolin. Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Kacang tanah juga berkhasiat untuk menjaga stamina tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Kacang tanah bekerja untuk meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Khasiat lainnya dalam kacang tanah adalah sebagai berikut: 

  1. Berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan karena mengandung asam folat yang baik dibutuhkan untuk ibu hamil, sehingga mengurangi resiko memiliki bayi lahir dengan cacat. 
  2. Berkhasiat untuk menurunkan tekanan gula darah. 
  3. Berkhasiat untuk mencegah batu empedu, dengan mengkonsumsi selai kacang dalam seminggu dapat menurunkan resiko batu empedu berkembang sebesar 25 %. 
  4. Berkhasiat untuk mengatasi masalah depresi, karena kandungan triptofannya dapat meningkatkan efek antidepresan. 
  5. Berkhasiat untuk meningkatkan memori otak, karena memiliki kandungan vitamin B3 yang baik untuk kesehatan fungsi otak. 
  6. Berkhasiat untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol, sehingga mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 
  7. Berkhasiat untuk menurunkan resiko penyakit jantung.
  8. Berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. 
  9. Berkhasiat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker. 

Kacang tanah selalu dikaitkan dengan jerawat, padahal mitos itu salah karena jerawat tidak ditimbulkan karena mengkonsumsi kacang, coklat, es krim dan sebagainya. Melainkan dari makanan yang manis dan kadar karbohidrat yang tinggi. Jadi dengan kata lain kacang tanah sangat baik untuk kesehatan dan tidak menimbulkan jerawat ketika mengkonsumsinya. 

Khasiat kacang tanah 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat kacang tanah.