Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT KACANG MERAH

Posted by Berkhasiat.com Hari Kamis, 23 Mei 2013 0 comments
KHASIAT KACANG MERAH

Khasiat Kacang Tanah - Kacang merah termasuk dalam kelompok kacang polong (legume); satu keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo dan kacang uci. Kacang merah cukup populer di Indonesia dan biasanya diolah menjadi berbagai makanan. Seperti halnya jenis kacang-kacangan lainnya, kacang merah juga memiliki nilai gizi dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Dan disini kami akan membahas mengenai khasiat kacang merah. 

Khasiat kacang merah 

Di Indonesia kacang merah yang masih kering umumnya diolah menjadi bubur, sup atau campuran sayur, nasi tim dan es. Ada beberapa jenis dari kacang merah seperti red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil) dan kidney bean (kacang merah besar). Kacang merah memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti kalsium, asam folat, karbohidrat kompleks, serat dan protein yang sangat tinggi. Kadar kandungan indeks pada kacang merah termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan resiko penyakit diabetes. Selain itu kacang merah yang masih kering sebagai sumber karbohidrat kompleks, serat makanan/fiber, vitamin B, fosfor, mangan, besi, thiamin dan protein. Selain mengandung nilai gizi yang tinggi, kacang merah juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti berikut: 

  1. Berkhasiat untuk mencegah resiko diabetes. 
  2. Berkhasiat untuk mencegah kolesterol jahat dan melancarkan pencernaan. 
  3. Berkhasiat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. 
  4. Berkhasiat untuk anda yang sedang menjalankan program diet. 
  5. Berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. 
  6. Berkhasiat untuk membantu proses pembekuan darah pada luka. 
  7. Berkhasiat untuk membantu pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, sehingga mencegah resiko anemia.

Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang merah adalah dengan melakukan beberapa hal saat pengolahan seperti rendam kacang merah lalu rebus selama 3 menit dan diamkan selama 3 jam hingga airnya mengendap. Lalu ganti air rendaman tersebut dengan air matang dan diamkan selama semalaman. Saat keesokan harinya kacang merah dapat diolah menjadi makanan yang lezat. 

Khasiat kacang merah 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat kacang merah.