Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TEMU GIRING

Posted by Berkhasiat.com Hari Sabtu, 11 Mei 2013 0 comments
KHASIAT TEMU GIRING

Khasiat Temu Giring - Temu giring yang memiliki nama ilmiah Curcuma Heyneana merupakan tumbuhan yang dapat berumur tahunan dan tumbuh dengan mencapai ketinggian 2 meter. Temu giring merupakan jenis tanaman rempah-rempah dari family Zingiberaceae. Temu giring biasanya hidup di semak-semak, kebun atau di hutan. Umbinya tumbuh menyebar ke kiri dan kanan dengan batang yang memanjang. 

Khasiat temu giring 

Dalam dunia pengobatan tradisional, temu giring merupakan tanaman yang bernilai. Temu giring memiliki rasa yang pahit dan mempunyai aroma yang khas. Tanaman ini berbatang semu, daunnya berwarna hijau berbentung rebung dengan permukaan daun halus. Masyarakat di jawa sudah sejak lama menggunakan temu giring sebagai obat kecantikan baik dalam ataupun luar, yang biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan lulur untuk mengahaluskan kulit. Temu giring memiliki kandungan amilum, lemak, tanin, dan minyak atsiri. Beberapa khasiat dari temu giring adalah sebagai berikut: 

  1. Berkhasiat untuk mengobati cacingan pada anak. 
  2. Berkhasiat untuk mengatasi masalah disentri. 
  3. Berkhasiat untuk menyembuhkan luka pada kulit. 
  4. Berkhasiat untuk mengatasi masalah bau badan. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati campak. 
  6. Berkhasiat untuk menghaluskan kulit. 

Cara penggunaan dari temu giring adalah dengan meminum air rebusannya, sedangkan untuk pengobatan luka luar hanya dengan menghaluskna temu giring lalu di tempelkan pada bagian luka luar. 

Khasiat temu giring 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat temu giring.