Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH DEWA

Posted by Berkhasiat.com Hari Senin, 02 September 2013 0 comments
Khasiat Buah Dewa – Buah mahkota dewa yang memiliki nama latin Phaleria Macrocarpa ini merupakan tanaman yang sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman obat yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk di China. Dahulu buah dewa dianggap sebagai tanaman gulma karena sifat racunnya yang khas, namun seiring perkembangan zaman kini tanaman tersebut banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. 

Banyak yang memperkirakan buah ini berasal asli dari papua. Buah mahkota dewa akan tumbuh subur pada tanah yang gembur di ketinggian 10-1200 mdpl. Buah ini berbentuk bulat dengan diameter 3-5 cm, ketika masih muda berwarna hijau dan berwarna merah ketika sudah masak. Daging buahnya berwarna putih, berserat dan berair. Bijinya berbentuk bulat, keras dan berwarna coklat. Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah pada bagian batang, daging dan daunnya. 

Khasiat Buah Dewa

KHASIAT BUAH DEWA


Pada bagian daun dari buah yang sering dikenal dengan naman mahkota dewa ini memiliki kandungan antihistamin, alkaloid, saponin, dan polifenol. Masing-masing dari kandungan dalam buah ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kandungan alkaloid yang ampuh mengeluarkan racun dalam tubuh karena memiliki efek detoksifikasi. Sedangkan kandungan saponin berkhasiat untuk meningkatkan system kekebalan pada tubuh karena sebagai sumber anti-bakteri juga virus, juga mampu mengurangi kadar gula dalah daran sehingga tidak menyebabkan penggumpalan dalam darah. Dan kandungan polifenol berkhasiat sebagai anti-alergi. 

Kandungan yang terdapat dalam daun mahkota dewa ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti lemah syahwat, eksim, alergi, tumor, disentri dan masih banyak penyakit lainnya yang dapat disembuhkan oleh daun mahkota dewa ini. Namun penggunaan untuk masing-masing penyakit juga berbeda dengan resep yang dianjurkan. Selain itu buah dewa juga memiliki khasiat lainnya, seperti: 

  • Buah dewa berkhasiat untuk mencegah kanker. Menurut hasil sebuah penelitian, buah dewa terbukti secara alamiah dapat menghambat terjadinya penyakit kanker. 
  • Buah dewa memiliki sifat antioksidan yang sangat potensial terutama pada kulit biji dan buah mahkota dewa. 
  • Buah dewa berkhasiat untuk menurunkan panas, menurunkan kadar asam urat, mengurangi rasa sakit, dan dapat mengobati beberapa penyakit lainnya. 
  • Buah dewa terutama yang sudah diolah menjadi ekstrak memiliki efek antihistamin atau biasa disebut sebagai anti-alergi. 


Khasiat Buah Dewa


Saat menggunakan buah dewa sebagai obat herbal, sebaiknya gunakan dengan sesuai resep dan kadar yang normal. Karena daun dari buah dewa memiliki efek samping seperti efek mengantuk dan mabuk, namun bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi banyak air putih dan menurunkan dosis dari penggunaan daun buah dewa. Itulah ulasan beberapa Khasiat Buah Dewa, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.