Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH PARE

Posted by Berkhasiat.com Hari Jumat, 06 September 2013 0 comments
Khasiat Buah Pare – Siapa yang tidak mengetahui dengan buah yang rasanya pahit ini. Buah pare yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae (timun-timunan) biasanya tumbuh subur di dataran rendah, dan dapat tumbuh liar di tanah terlantar atau dipekarangan rumah untuk di budidayakan. Buah pare tidak banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang pahit, rasa pahit itu berasal dari zat pahit pare saponin. 

Dibalik rasanya yang pahit, buah ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Seperti kandungan kalsium yang tinggi pada buah ini, mengandung banyak serat, vitamin C, karoten, kalsium, senyawa fitokimia lutein dan likopen yang dapat membantu mencegah penyakit kanker, sebagai antibiotika, antivirus, penyeimbang tekanan dan gula darah, dan perangsang produksi insulin. Selain kandungan tersebut, ditemukan juga zat anti HIV-Aids yaitu Alpha-momorchorin, beta-momorchorin, dan MAP 30 (Momordica Antiviral Protein 30). Zat berkhasiat ini terdapat dalam biji pare yang sudah tua. 

Khasiat Buah Pare 

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH PARE


Selain banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah pare ini, juga memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Berikut diantaranya: 

  • Bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit karena mengandung Albiminoid, karbohidrat, minyak lemak, asam dammar, protein, vitamin A, B1 dan C. yakni dapat menjaga kulit dari sengatan ultra violet, yang dapat mencegah kerutan dan bintik hitam pada wajah. 
  • Seperti yang sudah dikatakan, buah pare bermanfaat untuk menangkal sel penyakit kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan lesichin yang dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh sehingga menangkal sel penyakit kanker. Selain dapat menangkal datangnya penyakit kanker, bagi penderita juga dianjurkan mengkonsumsi buah pare agar mencegah serangan kanker. 
  • Kadar kalsium di dalam buah pare sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi sel-sel beta yang terdapat pada pancreas, sehingga kadar gula di dalam darah akan lebih terkontrol oleh senyawa fitokimia lutein yang terdapat pada buah pare. 
  • Buah pare kaya akan serat yang tinggi, karoten, vitamin C dan kalium. Serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, sedangkan karoten dapat membantu menjaga kesehatan mata seperti yang tadi sudah dijelaskan. 
  • Untuk mengobati diabetes. Pare yang masih muda dapat mengobati penyakit diabetes, obat malaria, bronchitis dan penyakit kuning. 


Khasiat Buah Pare 


Ternyata banyak juga kandungan dan manfaat dari buah pare ini. Untuk anda yang tidak menyukai buah pare karena rasanya yang pait, bisa coba mengkonsumsinya dengan merendam dengan air berkali-kali, lalu mencucinya dengan air garam, dengan begitu rasa pahitnya akan segera hilang. Itulah ulasan tentang Khasiat Buah Pare yang sudah kami bahas, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda semua.