Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN BINAHONG

Posted by Berkhasiat.com Hari Kamis, 18 April 2013 0 comments
KHASIAT TANAMAN BINAHONG

Khasiat Tanaman Binahong - Binahong yang memiliki nama ilmiah Boussingaultia cordifolia merupakan tanaman merambat yang berasal dari Korea. Tanaman ini sudah dikenal dengan khasiat yang luar biasa sejak ribuan tahun di Tiongkok, Korea, Taiwan, dll. Bahkan di kawasan Asia Tenggara, tanaman ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invasi Amerika, dan tanaman ini menyebar luas sampai ke Indonesia meskipun memang masih sangat jarang kita temui. 

Khasiat tanaman binahong 

Tanaman binahong ini termasuk dalam family gondola (Basella rubra Linn) dan masih satu ordo dengan bayam. Dari keseluruhan tanaman binahong ini memiliki khasiatnya masing-masing, mulai dari akar, batang dan daunnya. Cara mengolahnya sendiri hanya direbus atau dijadikan lalapan. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai gondola atau gapura yang melingkar diatas jalan taman. Pada bagian umbi, batang dan daun binahong biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman ini dapat tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab. Tanaman binahong mengandung asam askorbat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan bekerja untuk mempercepat penyembuhan. Selain itu tanaman binahong juga memiliki khasiat lainnya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diantaranya : 
  1. Berkhasiat untuk melancarkan peredaran dan tekanan darah. 
  2. Berkhasiat untuk mencegah penyakit stroke, maag dan asam urat. 
  3. Berkhasiat untuk menambah dan mengembalikan vitalitas tubuh. 
  4. Berkhasiat untuk mempercepat pemulihan setelah operasi, melahirkan, khitanan, radang usus serta luka dalam lainnya. 
  5. Berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan. 
  6. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. 
  7. Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ambeien. 
  8. Berkhasiat untuk menyembuhkan patah tulang. 
  9. Berkhasiat untuk mengobati masalah pernafasan seperti sesak nafas. 
  10. Berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat dan melancarkan haid. 
  11. Berkhasiat untuk mengatasi lemah syahwat. 
Selain beberapa khasiat diatas, tanaman binahong juga dapat berkhasiat untuk mengobati gusi yang berdarah, menambah keinginan untuk makan, dan mengobati luka bakar. Tanaman binahong bersifat sebagai antimikroba yang bekerja sangat reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi pada luka bakar maupun luka bekas benda tajam. 

Khasiat tanaman binahong 

Untuk mengobati luka dalam, tanaman binahong diolah dengan cara direbus, sedangkan untuk mengobati luka luar hanya ditumbuk halus lalu dibalurkan pada luka. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat tanaman binahong.