Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN JAHE

Posted by Berkhasiat.com Hari Jumat, 19 April 2013 0 comments
KHASIAT TANAMAN JAHE

Khasiat Tanaman Jahe - Jahe termasuk tanaman rimpang dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae) yang se-famili dengan temu-temuan lainnya seperti temulawak, temu hitam, kunyit, kencur, lengkuas, dll. Tanaman jahe ini sangat populer kaitannya sebagai rempah-rempah dan bahan obat herbal. 

Khasiat tanaman jahe 

Tanaman jahe seperti yang sudah kita ketahui biasanya diolah sebagai minuman penghangat atau bahan campuran penyedap rasa untuk masakan. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembungdi ruas-ruas tengah, rasa pedas dari tanaman jahe ini disebabkan adanya senyawa keton bernama zingeron. Tanaman jahe juga dibedakan dalam tiga jenis, yaitu tanaman jahe putih besar atau yang biasa disebut jahe gajah atau jahe badak, rimpangnya lebih besar dan gemuk dan jenis jahe ini biasanya dikonsumsi baik saat berumur muda maupun yang sudah tua; tanaman jahe putih kecil atau yang biasa disebut jahe sunti atau jahe emprit, ruasnya kecil dan selalu dipanen setelah berumur tua yang memiliki rasa lebih pedas dan serat lebih tinggi; dan jahe merah, rimpangnya lebih kecil dari jahe putih kecil yang kandungan minyak atsirinya lebih besar. Selain itu tanaman jahe memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh, seperti berikut : 

1. Mengobati jerawat 

Dengan mengkonsumsi tanaman jahe maksimal 4 gram per hari berkhasiat untuk mengobati serta mencegah datangnya jerawat. Namun penggunaan jahe dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan iritasi, mules dan diare. 

2. Melancarkan sistem pencernaan 

Kandungan metabolismedan pada tanaman jahe dapat berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit dan perut buncit. 

3. Menurunkan berat badan 

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet sebaiknya mengkonsumsi tanaman jahe karena berkhasiat untuk menurunkan berat badan, kandungan kalori sedikit yang terdapat pada tanaman jahe tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. 

4. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Tanaman jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormone adrenalin sehingga berkhasiat untuk melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

5. Mencegah penggumpalan darah 

Kandungan senyawa gingerol pada tanaman jahe berkhasiat untuk mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan. 

Selain beberapa khasiat diatas, tanaman jahe juga memiliki khasiat untuk membersihkan kotoran jahat dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat. Tanaman jahe juga bersifat sebagai antioksidan yang bekerja untuk menangkal serangan radikal bebas. 

Khasiat tanaman jahe

Tanaman jahe dapat anda konsumsi dalam bentuk seduhan wedang jahe yang sudah banyak ditemukan dalam kemasan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat tanaman jahe.