Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT KACANG HIJAU

Posted by Berkhasiat.com Hari Jumat, 24 Mei 2013 0 comments
KHASIAT KACANG HIJAU

Khasiat Kacang Hijau - Kacang hijau yang memiliki nama latin Phaseolus radiatus termasuk dalam kelompok kacang-kacangan (legume) dan cukup populer di Indonesia serta biasanya diolah menjadi berbagai makanan. Sama seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan. 

Khasiat Kacang Hijau 

Di Indonesia kacang hijau biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan bubur kacang hijau, isian untuk kue onde-onde, bakpia atau es kacang hijau. Bahkan tauge juga berasal dari kacang hijau dengan melakukan proses kecambah. Kacang hijau termasuk dalam bahan makanan yang memiliki kadar cerna yang tinggi, oleh karena itu kacang hijau baik dikonsumsi pada bayi yang sudah mulai diberi makanan pendamping ASI. Selain kaya akan serat, kacang hijau juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti vitamin B kompleks, provitamin A, karbohidrat, energi, vitamin C, zat besi, kalsium dan fosfor. Selain itu kacang hijau juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, seperti berikut: 

  1. Berkhasiat untuk mengobati anemia. Kandungan zat besi dalam kacang hijau paling tinggi diantara kacang-kacangan lainnya, oleh karena itu baik dikonsumsi bagi penderita anemia. 
  2. Berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet baik mengkonsumsi kacang hijau, karena kandungan seratnya yang tinggi serta rendah lemak. 
  3. Berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan serat pada kacang hijau dapat menyerap lemak sehingga tidak akan membentuk plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. 
  4. Berkhasiat baik untuk pertumbuhan bayi dan anak. Kacang hijau kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan sel pada bayi dan anak, serta kandungan B kompleksnya baik sebagai makanan pendamping ASI. 
  5. Berkhasiat untuk menguatkan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada kacang hijau baik untuk pertumbuhan tulang, serta mencegah keroposan atau osteoporosis. 

Selain beberapa khasiat diatas, kacang hijau juga berkhasiat baik untuk mencegah penuaan dini, mengobati penyakit diabetes, dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Cara mengolah kacang hijau juga tidaklah sulit, cukup dengan mengkonsumsinya sebagai bubur kacang hijau. 

Khasiat Kacang Hijau 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat kacang hijau.