Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH KURMA

Posted by Berkhasiat.com Hari Senin, 24 Juni 2013 0 comments
KHASIAT BUAH KURMA

Khasiat Buah Kurma – siapa yang tidak mengenal buah yang selalu laris dibulan Ramadan ini, buah yang dulunya hanya dapat tumbuh didaerah padang pasir namun sekarang sudah tersebar di berbagai Negara termasuk di Indonesia. selain menjadi hidangan pembuka saat bulan Ramadan, buah kurma sudah banyak diolah menjadi selai, sirup, atau pudding. Selain kini buah kurma sudah banyak ditemukan di Indonesia, buah ini memiliki kandungan zat besi flour yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat mengurangi resiko meningkatnya kolesterol. 

Khasiat Buah Kurma 

Kurma memiliki daging yang berserat lembut dengan kandungan gula seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan mampu menambah energi dalam tubuh. Selain itu kurma merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh karena memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin B1, B2, B3 dan B5 serta vitamin A1 dan vitamin C. dengan mengkonsumsi minimal tiga buah kurma dalam sehari dapat menguatkan sel-sel dalam tubuh. Selain kandungan tersebut, buah kurma juga memilliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, seperti diantaranya: 

  1. Kurma berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan karena memiliki kandungan serat larut yang bermanfaat untuk membantu proses pencernaan. 
  2. Kurma berkhasiat untuk mengobati anemia atau kekurangan darah, karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat berguna untuk menyembuhkan penderita anemia. Juga kandungan flour dalam buah kurma bermanfaat untuk memperlambat proses kerusakan pada gigi. 
  3. Kurma berkhasiat untuk meningkatkan stamina seksual. 
  4. Kurma berkhasiat untuk mengurangi resiko stroke, karena kaya akan kandungan kalium yang dapat mengurangi resiko penyakit stroke dan membuat system syaraf menjadi lebih sehat. 
  5. Kurma berkhasiat untuk menurunkan berat badan, karena kurma bebas dari kolesterol dan mengandung lemak yang rendah, sehingga cocok untuk anda yang sedang menjalankan program diet. 
  6. Kurma berkhasiat untuk kesehatan mata, dengan mengkonsumsi buah kurma diyakini dapat meningkatkan pandangan mata dan menyembuhkan kebutaan malam. 
  7. Kurma berkhasiat untuk membantu proses persalinan dan mengembalikan posisi rahim setelah melahirkan. 
  8. Kurma berkhasiat untuk membantu pertumbuhan tulang karena mengandung magnesium yang sangat penting. 
  9. Kurma berkhasiat untuk membantu proses metabolisme pada tulang dan pembekuan darah karena mengandung vitamin K dan vitamin B-kompleks. 
  10. Kurma berkhasiat untuk kesehatan kulit, karena memiliki kandungan vitamin A yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, bahkan dipercaya dapat melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut. 

Selain itu, kurma juga berkhasiat untuk menguatkan sel-sel pada usus, dapat memelihara kelembaban dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Khasiat Buah Kurma 

Benar menurut apa kata Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk berbuka puasa dengan tiga butir kurma, karena ternyata buah berbentuk mungil itu memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Itulah ulasan tentang khasiat buah kurma, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.