Jus Noni

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SINGKONG

Posted by Berkhasiat.com Hari Minggu, 23 Juni 2013 0 comments
KHASIAT DAUN SINGKONG

Khasiat Daun Singkong – daun singkong merupakan sayuran yang banyak diminati masyarakat. Selain biasanya dijadikan lalapan, juga biasa diolah menjadi sayuran berkuah dan sering kita jumpai di rumah makan padang. Selain harganya yang murah, perlu kita ketahui bahwa daun singkong memiliki banyak kandungan dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Khasiat Daun Singkong 

Dibalik rasanya yang enak, daun singkong memiliki kandungan yang penting dan sangat baik bila dikonsumsi, seperti kandungan mineral yang tinggi, vitamin A, vitamin C, vitamin B17, kalsium, fosfor, lemak, protein, zat besi, asam amino essensial, dan hidrat arang. Kandungan protein nabati yang terdapat pada daun singkong juga berfungsi untuk membangun sel-sel tubuh yang merupakan komponen pembentuk enzim. Selain itu, kandungan kandungan asam amino yang terdapat dalam daun singkong juga berfungsi sebagai karbohidrat menjadi energy, dan berguna untuk pemulihan luka pada kulit, bermanfaat untuk kesehatan pada tulang, mengganti sel-sel yang rusak, membantu agar daya ingat menjadi lebih baik serta membantu system metabolisme dalam tubuh. Klorofil yang terdapat dalam daun singkong juga berfungsi sebagai anti-oksidan dan anti-kanker. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan pada tubuh, juga memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit, seperti diantaranya: 

  1. Daun singkong berkhasiat untuk menurunkan berat badan, untuk anda yang sedang menjalankan program diet dapat mengkonsumsi daun singkong karena rendah kalori, dengan itu akan memberikan efek kenyang. 
  2. Daun singkong berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan mineral dan serat yang terdapat dalam daun singkong berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit. 
  3. Daun singkong berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Dengan mengambil beberapa lembar daun singkong dan ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan kebagian kepala yang terasa sakit. 
  4. Daun singkong berkhasiat untuk mengobati rematik. Dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari daun singkong yang sudah dicampur dengan jahe merah serta kapur sirih, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami rematik. 

Selain itu, daun singkong juga berkhasiat untuk mengobati luka bernanah, obat flu, mengatasi cacingan, serta dapat meningkatkan stamina tubuh. 

Khasiat Daun Singkong 

Ternyata banyak juga manfaat yang diberikan oleh daun singkong, dengan diolah menjadi hidangan apa saja kita sudah cukup mendapatkan khasiat dari daun singkong. Itulah ulasan tentang khasiat daun singkong, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.